-->

Tips Jitu untuk Lolos SBMPTN


Kamu yang sebentar lagi menyelesaikan studi tingkat menengah atas pasti sudah dag dig dug untuk menghadapi ujian masuk universitas, bukan? Nah, salah satu seleksi yang selalu membludak peminatnya adalah Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Namun, apakah kamu sudah mendapatkan tips SBMPTN ampuh untuk menaklukan soal yang terkenal tidak mudah tersebut?
6 Cara Ampuh Supaya Lolos SBMPTN
Khusus buat kamu yang sekarang sedang uring-uringan belajar keras namun belum yakin akan lolos SBMPTN. Di bawah ini adalah beberapa trik ampuh yang bisa kamu coba untuk terapkan :
  1. 1 Membuat Program Belajar Efektif

    Langkah pertama bisa kamu aplikasikan adalah dengan membuat rancangan program belajar efektif. Pada tahap ini, usahakan kamu juga sudah membuat persiapan seperti membeli buku panduan untuk dipelajari. Hal tersebut akan sangat membantu aktivitas belajar, karena dengan begitu kamu jadi memiliki gambaran mengenai materi yang akan dikaji.
    Selain itu, sebaiknya kamu juga membuat jadwal belajar setiap harinya. Supaya lebih fun, sebaiknya buatlah jam belajar berselang-seling. Tidak perlu nongkrong di depan buku atau laptop nonstop berjam-jam, yang penting kamu merasa tak tertekan selama proses belajar. Sehingga materi serta soal tes juga bisa dipahami dengan baik.
  2. 2 Fokus Pada Satu Mata Pelajaran

    Apakah kamu tahu kalau cara mengerjakan soal SBMPTN paling bagus adalah dengan fokus pada satu pelajaran terlebih dahulu? Jadi, kamu tidak perlu terburu nafsu melahap habis semua buku tes. Karena hal tersebut terbukti tidak efektif, dan bahkan malah akan membuat kamu sulit untuk memahami mengenai apa yang dijelaskan.
    Cara terbaik adalah dengan fokus pada sebuah pelajaran dalam jangka waktu tertentu, misalnya tiga sampai tujuh hari. Kemudian minggu selanjutnya kamu ganti belajar materi dari bidang pelajaran lainnya. Dengan begitu, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk mengerti.
  3. 3 Les Private

    Mengikuti program les private juga bisa menjadi salah satu tips lolos SBMPTN terbaik. Apalagi, sekarang ini ada banyak sekali platform dan aplikasi les online yang dapat dijadikan alternatif solusi. Belajar langsung dari ahlinya sudah pasti akan membuahkan hasil lebih baik dibandingkan studi sendiri. Sebab jika ada yang tidak dipahami, maka kamu bisa bertanya.
  4. 4 Mengikuti Try Out

    Ada banyak lembaga les public yang menyediakan program try out atau simulasi ujian SNMPTN. Kamu bisa memanfaatkannya sebagai cara terbaik mengukur pengetahuan dalam mengerjakan berbagai soal ujian. Jangan lupa, kalau try out merupakan cara paling ampuh untuk mengetahui apakah kamu akan lulus atau tidak.
  5. 5 Menjaga Kesehatan

    Belajar keras juga harus diikuti dengan istirahat yang cukup sehingga kamu tidak kelelahan secara fisik dan psikis. Oleh sebab itu, jangan lupa kalau salah satu kunci sukses lolos seleksi kuliah dalam negeri adalah dengan menjaga kesehatan. Seperti kata pepatah “Pada tubuh yang sehat, ada jiwa yang kuat”.
  6. 6 Berdoa

    Kalau lima persiapan di atas sudah berhasil kamu terapkan, maka yang terakhir adalah tinggal berdoa. Bagaimanapun, hasil terbaik datangnya dari Tuhan. Mempercayakan hasil akhir kepada Yang Maha Esa akan membantu kamu untuk bisa terus optimis dalam menghadapi ujian nanti. Jadi, jangan pernah merasa patah semangat.
    Tips di atas juga sangat dianjurkan untuk dicoba oleh kamu yang akan ikut seleksi jalur beasiswa kuliah luar negeri. Karena pada intinya, semua proses untuk berhasil itu sama, yang membedakan hanyalah tekad. Kalau kamu ingin mengetahui informasi lebih banyak mengenai tips lolos seleksi masuk ke universitas, feel free corat-coret di kolom komentar.

    sumber pelajarinfo.id

0 Response to "Tips Jitu untuk Lolos SBMPTN"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel